Tutorial Membuat XP Bisa Mendukung Bahasa Arab

By Abdul Hafed Hilman Aka Max Fizz

Untuk bisa membuat XP para arabasterz mendukung Bahasa Arab, terlebih dahulu kita persiapkan CD XP Anda (yang Asli Lho ;), jika sudah lalu masukkan CD ke Komputer anda. Lalu klik Start seperti yang ditunjuk oleh panah.



Jika sudah klik Start, lalu pilih Control Panel seperti yang ditunjukkan oleh panah.



Inilah tampilan jendela Control Panel secara default, namun penulis berpesan bahwa lebih baik tampilan Control Panel ini diubah dengan mengklik "switch to classic view", seperti yang ditunjukkan oleh panah.



Inilah tampilan baru Control Panel, lebih details & tidak rumit seperti tampilan default tadi ( ini menurut kehendak penulis, terserah anda boleh memakai tampilan default tadi).



Jika sudah memilah mana tampilan Control Panel, maka setelah itu pilih lah bagian "Regional And Language Options" seperti yang ditunjukkan oleh panah.



Jika tadi sudah memilih bagian "Regional And Language Options", maka akan tampil jendela ini. & seperti yang tertera oleh panah, maka anda harus memilih tab "Language", lalu check list pilihan "install files for complex script and right to left language [including Thai].



Jika tadi sudah mencheklist, lalu pilih details (terdapat di bagian atas pilihan check list tadi), jika sudah maka akan muncul jendela baru & kemudian pilih "add" yang mana anda lihat gambar diatas.



Jika sudah memilih "add" maka akan muncul jendela kecil, lalu sebagaimana yang tertera di gambar maka klik tombol panah [no.3], lalu pilih "Arabic [U.A.E]", setelah itu klik tombol panah [no.4], lalu pilih "Arabic [101], *[102], *[Arzety], lalu pilih ok.

Ket * = adalah setelah memilih [101] ok, lalu klik add lagi dan pilih [102] ok, lalu klik add lagi dan pilih [Arzety].


Jika anda sudah berhasil mengikuti tutorial diatas tadi, maka di tampilan desktop, klik language bar yang ada di system tray (seperti yang tertera pada gambar atas).

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat, Amien. ;)

 

0 comments so far.

Something to say?